Macam Macam Shalat Malam Dan Manfaatnya

By
Macam macam shalat malam dan manfaatnya yang dapat kita kerjakan selain sholat tahajud. Sholat malam sangat dianjurkan oleh Rasulullah SAW bahkan shalat malam dimuat dibeberapa ayat didalam Al Quran, sungguh sholat sunnah yang sangat dianjurkan untuk dikerjakan. Namun sayangnya, sedikit sekali dari kita yg mengerjakan salah satu sholat tengah malam ini. Alasannya sangat beragam seperti tak tahu caranya, tak tahu keutamaan, rasa enggan yg besar atau dikarenakan argumen yg lain. Yang pastinya, rasa-rasanya sedikit sekali dari kita yg menjadikan sholat malam yang merupakan ibadah rutin.

Didalam hadits lain juga Rasulullah SAW pernah bersabda.
"Hendaklah kalian sholat malam, karena sholat malam adalah kebiasaan yang dikerjakan orang-orang sholeh sebelum kalian, ia adalah ibadah yang mendekatkan diri kepada Rabb kalian, penghapus berbagai kesalahan dan pencegah perbuatan dosa." (HR. Tirmidzi)
Sebenarnya masihlah sangat banyak ayat Alquran ataupun hadits yg menjelaskan tentang shalat malam. Tapi ayat & hadits diatas sudah cukup untuk membuat kita percaya dengan kesunnahan & keutamaan shalat malam / tahajud. Namun disini kita tidak membahas mengenai tata cara sholat tahajud ataupun makna sholat tahajud saja, tetapi kita membahas macam macam sholat malam yang dapat kita kerjakan selain sholat tahajud. Apa saja shalat malam itu, berikut penjabarannya.

Macam Macam Shalat Malam Dan Manfaatnya

Macam Macam Shalat Malam dan Manfaatnya

Berikut ini kami berikan informasi mengenai macam macam shalat malam dan beserta manfaatnya, semoga setelah membaca artikel ini kita bisa lebih mendekatkan diri lagi dengan Allah SWT dengan cara mengerjakan shalat malam. Aamiin.
1. Shalat tahajud
Shalat malam yang pertama adalah shalat sunnah tahajud. Yang waktu mengerjakannya setelah tidur dan sebaiknya setelah atau lewat tengah malam. Minimal 2 rakaat maksimal sebatas kemampuan kita.

Manfaat shalat tahajud yang diterangkan dalam Al-Qur’an. "Dan pada sebagian malam hari bershalat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhanmu mengangkatmu ketempat yang terpuji"(Q.S. Al Isra : 79 ).

2. Shalat Tasbih
Shalat malam yang ketiga adalah shalat sunnah tasbih dan shalat ini dianjurkan dikerjakan setiap malam, namun apabila tidak bisa dapat mengerjakannya seminggu sekali, atau paling tidak sekali dalam seumur hidup. Shalat ini dikerjakan sebanyak 4 rakaat, tapi dengan ketentuan apabila dikerjakan pada siang hari cukup dengan satu salam, namun apabila dikerjakan di malam hari dengan dua salam.

Manfaat sholat tasbih adalah sebagai senjata menghadapi persoalan besar. Diriwayatkan oleh Abu Hurayrah, apabila Rasulullah menghadapi persoalan penting, maka beliau mengangkat kepalanya menghadap langit seraya mengucapkan: Subhanallahil azhim, dan jika beliau bersungguh-sungguh dalam berdoa, maka beliau mengucapkan: Ya hayyu ya qoyyum (Riwayat at-Tirmidzi)

3. Shalat Istikharah
Yang kedua adalah shalat sunnah Istikharah yang jumlah rakaatnya dua rakaat. Makna Shalat istikharah adalah untuk meminta petunjuk yang baik, apabila kita sedang menghadapi dua pilihan, atau ragu untuk mengambil sebuah keputusan. Waktu yang tepat untuk mengerjakan sholat ini adalah pada 2/3 malam terakhir.

Manfaat Shalat Istikharah sebagai jalan keluar untuk segala kebingungan dan keraguan. Sholat Istikharah juga sebagai sebab bagi datangnya ketenteraman dan ketenangan pikiran, sebab dengan sholat istikharah berarti menyerahkan segala urusannya kepada Allah SWT. Allah SWT berfirman yang artinya
Katakanlah: "Sesungguhnya urusan itu seluruhnya di tangan Allah".( QS. Ali Imron: 154).

4. Shalat Tarawih
Merupakan shalat sunnah sesudah shalat Isya’ khusus pada bulan Ramadhan. Mengenai berapa banyak rakaat sholat tarawih, disebutkan didalam hadis.

"Yang dikerjakan oleh Rasulullah saw, baik pada bulan ramadhan atau lainnya tidak lebih dari sebelas rakaat" (H.R. Bukhari).
Dari Jabir "Sesungguhnya Nabi saw telah shallat bersama-sama mereka delapan rakaat, kemudian beliau shalat witir." (H.R. Ibnu Hiban)

Namun dimasa khalifah Umar bin Khathtab, shalat tarawih dikerjakan sebanyak 20 rakaat dan tidak dibantah oleh para sahabat terkenal dan terkemuka. Selanjutnya di zaman Umar bin Abdul Aziz rakaatnya dijadikan 36 rakaat. Dengan demikian banyak rakaat tidak ditetapkan secara pasti didalam syara', jadi tergantung kemampuan masing-masing, asal tidak kurang dari 8 rakaat.


Manfaat sholat tarawih salah satunya adalah pada Malam pertama bulan Ramadhan, siapa yang shalat Tarawih pada malam tersebut akan dihapus dosa 1 orang Mu'min sebagai mana saat ia di lahirkan.

5. Shalat Witir
Yang terakhir adalah shalat witir yang hukumnya sunnat mu’akad (dianjurkan) biasanya dirangkaikan dengan shalat tarawih dan juga sholat tahajud. Banyak rakaat dalam shalat witir 1, 3, 5, 7 sampai 11 rakaat. Diriwayatkan oleh Abu Aiyub, Rasulullah SAW bersabda "Witir itu hak, maka siapa yang suka mengerjakan lima, kerjakanlah. Siapa yang suka mengerjakan tiga, kerjakanlah. Dan siapa yang suka satu maka kerjakanlah" (H.R. Abu Daud dan Nasai).

Manfaat sholat witir adalah sama seperti sholat tahajud karena witir juga merupakan sholat malam yang mengharap diampunkannya segala dosa yang telah lalu.

Nah sekian artikel dari Macam Macam Shalat Malam Dan Manfaatnya semoga bisa menjadikan kita lebih dekat lagi dengan Allah SWT. Aamiin ya rabb allamiin.