Makna Sholat Tahajud dan Manfaat Sholat Tahajud

By
Makna Sholat Tahajud dan Manfaat Sholat Tahajud? Sebagian orang tentu masih bingung tentang sholat tahajud dan beranggapan sama dengan sholat sunnah lainnya. Padahal ada tata cara sholat tahajud yang harus ditaati bagi kita yang ingin mengerjakannya. Adapun sebelum kita melaksanakan shalat tahajud ada baiknya kita mengetahui asal usul dan makna sholat tahajud yang akan dikerjakan. Berikut ini penjelasan mengenai apa itu sholat tahajud.

Makna sholat tahajud

Sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari atau sepertiga malam setelah terbangun dari tidur artinya kita tidak boleh melaksanakan sholat tahajud jika belum tidur sebelumnya. Sholat tahajud termasuk juga sholat sunnah mu'akad (sholat yang dikuatkan oleh syara'). Sholat tahajud dapat dikerjakan lebih sedikit dua rakaat ataupun sebanyak yang dapat dikerjakan.

Perintah Sholat Tahajud dalam Al-Qur’an

Dalam sebuah karya yang terkenal, Fiqh As-Sunnah, Sayyid Sabiq Sheikh menguraikan tentang apa itu sholat tahajud. Seruan untuk Nabi Muhammad SAW, berfirman Allah SWT sebagai berikut:
"Dan pada sebagian malam hari, sholat tahajudlah kamu sebagaimana ibadah tambahan bagimu, mudah-mudahan Tuhan-Mu mengangkat kamu ketempat yang terpuji". (Al-Isra' 17:79)
Perintah ini ditujukan secara khusus kepada Nabi Muhammad SAW, namun juga mengacu kepada seluruh Muslim, karena Nabi Muhammad SAW merupakan teladan yang sempurna sebagai panduan dalam segala hal bagi Islam.

Makna Sholat Tahajud dan Manfaat Sholat Tahajud


Selain itu juga, melakukan sholat tahajjud yang teratur maka dapat memenuhi syarat sebagai salah satu dari orang-orang yang benar dan seseorang yang mendapat karunia dan kemurahan dari Allah SWT. Dalam memuji orang-orang yang melakukan sholat malam, Allah SWT berfirman:
"Dan orang-orang yang melalui malam dengan bersujud dan berdiri untuk tuhan mereka". (Al-Furqan 25:64)

Perintah Sholat Tahajud dalam Hadits

Dalam hadist juga disebutkan bahwa shalat malam sudah dijanjikan pasti akan dikabulkan do'a oleh Allah SWT. Hadist tersebut berbunyi sebagai berikut.
"Perintah Allah turun ke langit dunia di waktu tinggal sepertiga akhir dari waktu malam, lalu berseru: Adakah orang-orang yang memohon (berdo'a), pasti akan Kukabulkan, adakah orang-orang yang meminta, pasti akan Kuberi dan adakah yang mengharap/memohon ampunan, pasti akan Kuampuni baginya. Sampai tiba waktu Shubuh." (Al Hadits).
Adapun sebelum mengetahui tata cara sholat tahajud, Anda dapat mengetahui manfaat sholat tahajud seperti dibawah ini.

Manfaat Sholat Tahajud

Sholat tahajud memiliki banyak manfaat yang besar jika kita dapat mengerjakannya secara rutin setiap malam. Banyak dalil dari Al-Qur’an dan Hadits yang memberikan penjelasan mengenai manfaat sholat tahajud bagi yang mengerjakannya diantaranya menghapus dosa, membuka pintu rejeki, dan dikabulkan doa.

Bahkan, dalam riwayat dikatakan bahwa sebelum sholat wajib 5 waktu, perintah melaksanakan sholat tahajudlah yang pertama kali diterima oleh Rasulullah SAW. Berikut ini manfaat sholat tahajud yang akan di dapatkan:

1. Dikabulkannya Doa-doa
Seperti kita ketahuai, sholat tahajud adalah sholat sunnah yang dikerjakan pada malam hari sesudah tidur. Dalam hadits Nabi mengatakan bahwa pada waktu inilah Allah SWT mengabulkan semua doa-doa hambanya.

"Perintah Allah turun ke langit di waktu tinggal sepertiga yang akhir dari waktu malam, lalu berseru, adakah orang-orang yang memohon (berdoa) pasti akan kukabulakn, adakah orang yang meminta, pasti akan Kuberikan dan adakah yang mengharap ampunan, pasti akan kuampuni baginya sampai tiba waktu Subuh." (Al-Hadis).

2. Diangkatnya Derajat
Allah SWT akan mengangkat derajat mereka yang mengerjakannya ke tempat yang terpuji. Keterangan ini dapat dibaca dalam Al-Qur’an Surat Al-Isra' ayat 79 yang artinya berbunyi.

"Dan pada sebagian malam hari sholat tahajudlah kamu sebagai suatu ibadah tambahan bagimu. Mudah-mudahan Tuhan-mu mengangkat kamu ke tempat yang terpuji." (QS A1-Isra [17]: 79).

Selain itu juga, ditemukan sebuah keterangan lain dalam hadis Rasulullah yang diriwayatkan Abi Darda r.a, dan Rasulullah bersabda.

"Ada 3 macam manusia, Allah SWT mencintai mereka, tersenyum kepada mereka, dan merasa senang dengan mereka, yaitu salah satunya adalah orang yang memiliki istri cantik serta tempat tidur lembut dan bagus. Kemudian ia bangun malam (untuk sholat), lalu Allah SWT berkata: 'Ia meninggalkan kesenangannya dan mengingat Aku. Seandainya ia berkehendak, maka ia akan tidur." (Riwayat Ath-Thabrani).

3. Memperoleh Kemuliaan
Orang yang sholat tahajud akan memperoleh berbagai kemuliaan dari Allah SWT. Hal berdasarkan keterangan dari hadis Rasulullah SAW, yang bersabda:

"Barangsiapa melaksanakan sholat tahajud dengan sebaik-baiknya, dan dengan tata tertib yang rapi, maka Allah SWT akan memberikan 9 macam kemuliaan: 5 macam di dunia dan 4 macam di akhirat."

Adapun 5 macam kemuliaan di dunia itu adalah akan dipelihara oleh Allah SWT dari segala bencana, tanda ketaatannya akan tampak dari mukanya, akan dicintai para hamba Allah yang shaleh dan dicintai oleh semua manusia, lidahnya akan mampu mengucapkan kata yang mengandung hikmah dan akan dijadikan orang bijaksana, yakni diberi pemahaman dalam agama.

4. Mendekatkan Diri
Sholat tahajud dijadikan sebagai media untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Hal ini juga ditegaskan lewat keterangan hadits Rasullullah SAW:

"Hendaklah kalian melaksanakan sholat malam karena sholat malam itu merupakan kebiasaan orang-orang shaleh sebelum kalian, ibadah yang mendekatkan diri kepada Tuhan kalian, serta penutup kesalahan dan penghapus dosa." (HR. Tirmidzi, Al-Hakim, Baihaqi. Dihasankan oleh Syaikh Al-Albani dalam Irwaa Al Ghalil).

Dikatakan juga pada sebuah riwayat yang lain, bahwa Jibril pernah berkata kepada Rasulullah Saw:

"Hai Muhammad, kemuliaan orang beriman ada dengan sholat malam. Dan kegagahan orang beriman adalah sikap mandiri dari bantuan orang lain". (Silsilah Al-Hadis Ash-Shahihah).

5. Terhindar dari Kelalaian Hati
Sholat tahajud juga dapat menghindarkan kita dari kelalaian hati. Sebagaimana dalam hadis Rasulullah SAW yang berbunyi:

"Barang siapa mengerjakan sholat pada malam hari dengan membaca seratus ayat, maka ia tidak akan dicatat sebagai orang lalai. Dan apabila membaca dua ratus ayat, maka sungguh ia akan dicatat sebagai orang yang selalu taat dan ikhlas." (Al-Hakim dalam kitab Al-Mustadrak).

6. Meringankan Lamanya Berdiri di Hari Kiamat
Dalam sebuah Keterangan yang pernah diungkapkan Ibnu Abbas ra bahwa sholat malam dapat meringankan lamanya berdiri pada hari kiamat.

"Barang siapa yang senang bila lamanya berdiri di hari kiamat diringankan oleh Allah, maka hendaklah ia memperlihatkan dirinya kepada Allah di malam hari dengan sujud dan berdiri mengingat hari akhir." (Ibnu Jarir Ath-Thabari, tafsir Ibnu Jarir).

7. Muka Tampak Berkilau dan Bercahaya
Keterangan ini diambil suatu ketika Hasan Al-Basri ra ditanya oleh seseorang, "Mengapa orang yang bertahajud di waktu malam memiliki muka yang bagus?". Hasan Basri menjawab:

"Karena mereka menyendiri bersama Tuhan-nya pada malam hari, kemudian Allah memberikan kepada mereka sebagian dari cahaya-Nya." (Al-Maqrizi, Mukhtasar Qiyaamallail).

Terkait dengan keterangan ini pula, Imam Ibnul Qayyim pernah berkata:

"Sesungguhnya sholat malam itu dapat memberikan sinar yang tampak di wajah dan membaguskannya. Sebagian istri memperbanyak melaksanakan sholat malam. Ketika ditanyakan kepada mereka mengenai hal tersebut, mereka menjawab: Sholat malam itu dapat membaguskan wajah dan kami senang bila wajah kami menjadi lebih bagus".

8. Jaminan Masuk Surga
Keterangan ini juga berdasarkan sabda Rasulullah SAW, yang berbunyi:

"Wahai manusia, sebarkanlah salam, beri makanlah, sambung tali kasih, sholat malamlah saat orang pada terlelap, maka masuklah surga dengan selamat". (HR. Al-Hakim, Ibnu Majah, At-Tirmidzi).

9. Penyelamat dari Siksa Neraka
Tentang ini, pernah diriwayatkan oleh Ibnu Umar r.a bahwa pada masa Rasulullah SAW. Seseorang bermimpi, lalu ia akan menceritakan mimpi tersebut ke Rasulullah SAW. Aku pun berharap mendapat mimpi yang dapat kuceritakan kepada Rasulullah SAW. Dia berkata,

"Aku adalah seorang anak muda perjaka. Aku tidur di masjid pada Rasululullah Saw, maka aku bermimpi seakan-akan dua malaikat mengambilku dan membawaku ke neraka, ternyata ia adalah bangunan seperti bangunan sumur. Ia memiliki dua palang seperti palang sumur. Di dalamnya terdapat manusia yang telah aku kenal. Maka aku mulai mengucapkan, 'Aku berlindung dengan nama Allah dari neraka'. Kemudian seorang malaikat menemui keduanya, maka dia berkata kepadaku, 'Janganlah takut!' (Mimpi ini) aku ceritakan kepada Hafshah, maka Hafshah menceritakannya kepada Rasulullah dan beliau bersabda, "Sebaik-baik lelaki adalah Abdullah, andaikata dia mengerjakan sholat pada waktu malam." Salim berkata, 'setelah itu Abdullah tidak tidur pada malam hari kecuali hanya sebentar." (HR Bukhari dan Muslim).

10. Penyebab Husnul Khatimah
Seorang hamba dapat meraih husnul khatimah saat ajal menjemputnya. Kita semua menyadari bahwa yang bernyawa pasti akan terpisah dan meninggalkan dunia ini menuju tempat yang abadi yaitu akhirat. Sholat tahajud ini sangat bermanfaat bagi mereka yang mengerjakannya, dan dapat membantu orang tersebut untuk mencapai husnul khatimah.

Semoga setelah membaca Makna Sholat Tahajud dan Manfaat Sholat Tahajud kita dapat mengerjakannya secara rutin setiap malam. Aamiin ya Rabb Alamiin.